Senin, 23 Juli 2012

aceh export kerajinan sabut kelapa ke belanda

BANDA ACEH - Provinsi Aceh mengekspor 3.206 kilogram atau senilai USD45.895 hasil kerajinan tangan warga (handycraft) selama periode April hingga Juni 2012. Kerajinan yang dibuat menggunakan sabut kelapa itu diekspor ke Belanda.

"Handycraft ini baru diekspor sejak triwulan II tahun ini. Kita berharap pasar ekspor kerajinan tangan ini semakin luas sehingga bisa otomatis meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh, Nurdin di Banda Aceh, Senin (23/7/2012).

Komoditas yang diekspor ini berasal dari industri kerajinan di Kabupaten Bireun. Perajin memanfaatkan sabut kelapa dan mengukirnya menjadi berbagai bentuk unik seperti burung, kupu-kupu yang bisa dipergunakan untuk hiasan, sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Nurdin menyebutkan hasil kerajinan ini diekspor PT Fajar Jeumpa melalui pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. "Tujuannya baru ke Belanda. Kita harapkan pasarnya semakin luas sehingga bisa diekspor ke negara-negara lain," ujarnya.

Menurutnya dalam tiga bulan pertama, kerajinan ini cukup digandrungi di pasaran Belanda. Ini memberi dampak positif untuk meningkatkan realisasi ekspor.

Pihaknya mengaku akan terus menggenjot promosi berbagai hasil industri dan kerajinan warga di berbagai event berskala nasional maupun internasional, untuk membuka pasar perjualan yang lebih luas. (ade)
sumber :okezone.com

1 komentar: